30 November 2007

Wireless Extender

Wireless Extender, mungkin baru sedikit yang tau ato denger mengenai istilah ini ato malah blm tau sama sekali apa itu wireless extender. Ok, skr akan saya jelaskan apa itu wireless extender.
Kalo istilah wireless mungkin sudah banyak orang yang tau tp disini aka saya jelaskan lagi. Oh ya, sebelumnya perlu diperjelas bahwa wireless disini adalah dalam lingkup jaringan komputer.

Biasanya jaringan wireless Wi-Fi ato jg W-LAN hanya bisa mencakup satu area kecil saja sehingga pengguna kadang harus mendekati area hotspot dari Wi-Fi ato W-LAN.
Bagaimana solusinya agar bisa mencapai cakupan yang jauh? Banyak solusi yang ditawarkan seperti membuat repeater atao membuat hotspot baru. Tapi sekarang ada solusi lain yang lebih praktis, mudah dan cukup murah yaitu dengan Wireless Extender.

Bentuk alatnya sederhana bahkan ada yg seperti adaptor.


Jika digambarkan, fungsi dari wireless extender seperti ini :


Jadi, dg adanya wireless extender ini kita tidak perlu lg membuat access point baru. Cukup beli wireless extender, kemudian kita letakan diarea yg sinyalnya sudah lemah dan lgs deh area wireless kita jd lebih luas.
Jika kita beli dg merk yg sama dan tidak ada encrypt maka bisa lgs plug n play hanya perlu tekan tombol auto saja. Tapi bila beda merk ato jg ada WEP yg aktif, perlu disetting di wireless extender-nya agar disamakan channel dan juga WEP-nya.

Ok, selamat mencoba....

Tidak ada komentar: