28 November 2007

CCTV

CCTV....
Ada yang tau apa itu CCTV? Sejenis TV swastakah? Kalo yang berlangganan TV kabel pasti akan menebak bahwa itu siaran TV swasta dari China. Itu memang benar juga, tapi bukan itu yang akan saya bahas.

CCTV yang dimaksud adalah kamera keamanan yang biasa ada di bank, gedung2 bertingkat, mall, hotel dan lain-lain yang membutuhkan pengawasan 24 jam. Sedangkan kepanjangan dari CCTV itu sendiri adalah Closed Circuit TeleVision. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Jaringan Tertutup TeleVisi. Kenapa tertutup? Karena hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri.

Apa gunanya CCTV ini? Fungsi utamanya adalah untuk membantu petugas keamanan mengawasi daerah yang perlu pengawasan terus menerus. Biasanya diletakkan di lobby masuk, lorong, ATM, area parkir, tempat penyimpanan uang dll.

Fungsi lainnya bisa juga untuk mengawasi mesin2 di pabrik, ada kondisi dimana kondisi di sekitar mesin memiliki suhu yang tinggi, posisi yang tinggi ato rawan kecelakaan kerja. Atau digunakan untuk mengawasi lalu lintas dipersimpangan jalan sehingga jika ada kemacetan bisa diatur lagi untuk lama tidaknya lampu pengatur lalu lintas menyala.

Jika diambil sisi positif, banyak sekali kegunaan dari CCTV ini, tetapi terkadang masih banyak orang menganggap itu negatif. Misal para pekerja merasa dicurigai, diawasi sehingga gak bisa malas2an ato apa aja. Jadi tergantung juga pada penggunanya, mungkin perlu disosialisasikan dulu sebelum dipasang CCTV tersebut dan dijelaskan fungsi utamanya.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

mas, punya panduan install lengkap pasang cctv ga ? klo ada boleh minta ga...
aku pengen pasang pake dvr card 8 port neh..
tp ga tau cara masang ama setting2nya, trus program yg di pake untuk view n recordnya jg ga tau. bantu ya..
emailku : sun_5182@yahoo.com

@rdhie mengatakan...

Ok...ntar coba saya bikin panduannya.
Kl boleh tau, sdh ada softwarenya blm?