16 Oktober 2009

SKCK

SKCK....hmmm ada yang tau gak apa itu SKCK. Gw juga baru tahu kemaren pas mau urus SKCK, sebelumnya tanya-tanya dulu ke mbah google eh ternyata SKCK itu Surat Keterangan Catatan Kepolisian alias dulu namanya SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik).

Nah, karena besok mau bikin SKCK trus harus tau prosedurnya dulu nih, sekali lagi tanya ke mbah google tapi nemunya cuman setengah-setengah alias gak ada yang menjelaskan detail prosedurnya.
Berbekal hasil dari google n tanya ke teman-teman, akhirnya diputuskan untuk memulai dari tingkatan RT dulu.

Jadi sebelum urus SKCK kita kudu ke RT minta surat pengantar trus lanjut ke RW. Nah minta tanda tangan RT dan RW itu yang agak-agak susah karena rata-rata mereka masih bekerja dan baru ada di rumah malem harinya.

Uber ke RT akhirnya dapat tanda tangan dan pengantar dari RT plus stempel RT-nya, lanjut deh ke rumah pak RW dengan membawa surat pengantar tersebut untuk minta tanda tangan dan juga stempel RW.

Udah selesai urusan di tingkat RT dan RW lanjut ke tingkat kelurahan. Langsung deh menuju ke loket Seksi Pemerintahan trus bilang mau urus SKCK. Serahin surat pengantar RT/RW plus foto copy KTP satu lembar. Setelah menunggu sekitar 15 menitan, akhirnya jadi juga surat pengantar dari Kelurahan. Oh iya, siapin aja dana sekitar 10 ribu, katanya sih buat partisipasinya aja.

Nah, kata orang kelurahan kalo mo urus SKCK buat lamar kerja swasta langsung ke Polsek aja tapi kalo buat lamar PNS kudu ke Polres. Karena gw buat lamar ke swasta akhirnya langsung ke Polsek.

Sampai di Polsek, kita ke bagian pengurusan SKCK trus kasih surat keterangan dari Kelurahan dan pas photo 2 lbr untuk di tukar dengan formulir pengisian SKCK.
Lumayan banyak juga yang harus di isi dalam formulir tersebut, kalo udah selesai balikin lagi formulirnya ke loket n tunggu panggilan.

Kalo lagi gak banyak yang ngantir bisa cepet, karena kemaren lumayan rame jadi nungguin sekitar 15 menit. Gitu dapat panggilan, langsung masuk ke dalam trus ditanya-tanya lagi dan akhirnya jadi tuh SKCK. Gak ada biaya untuk urus SKCK di Polsek.

SKCK ini berlaku selama 3 bulan, jika habis masa berlakunya buruan deh di perpanjang di Polsek atau tempat diterbitkannya SKCK ini kalo kelewat ntar kudu urus dari awal lagi.

Itu pengalaman sendiri urus SKCK, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: